Home » » Potensi Bisnis Online, Tak Lepas dari Web Site

Potensi Bisnis Online, Tak Lepas dari Web Site

Bisnis Online
Sepertinya sekarang sudah menjadi suatu kewajiban untuk memiliki website jika kita memulai suatu usaha, entah baik online maupun usaha yang biasa saja. Untuk itu, tentunya ada yang harus dipersiapkan. Gampang tapi bisa membuat kita susah karena kita belum memiliki ilmunya terutama ilmu website, dalam hal trik cepat membangun bisnis Online

Untuk membuat kita menjadi ada di dunia internet tentunya kita harus punya nama dan rumah di dunia internet tersebut.. ini yang kemudian sering disebut dengan domain dan hosting. Ada kutipan dari pebisnis online dari Abbi Angkasa Perdana “Investasinya tidak sebesar membangun toko karena di online cuma perlu gudang penyimpanan, database, dan segala kebutuhan untuk network di internet. Biayanya bisa dipangkas 1:8 sampai 1:10 dibanding buka toko fisik, tapi hasil penjualannya bisa 1:2 dari toko fisik tadi”.

Syarat mutlaknya memang dua itu, jadi kita harus memiliki domain dan juga hosting . Pilihan nya banyak sekali.. mulai gratisan bayar murah maupun bayar mahal. Semua ada kelebihan dan kekurangannya.
Hal yang paling menonjol jika gratis adalah kurangnya prestise dari pemilik usaha karena kita biasanya nama yang dipilih ada factor promosi dari provider hosting dan yang paling menyengkelkan adalah kalau masih ditambahin iklan.. iya kalau iklan nya cocok dengan usaha kita.. kalau iklan nya ga pas. Atau malah porno ??

Jadi saya sarankan pergunakanlah yang berbayar.. sangat murah tapi kita bangga menggunakan nya. Untuk itu semua kita perlu tahu penyelenggara tempat kita membeli domain dan hosting ini. Banyak sekali yang menyediakan jasa ini dengan harga yang sangat bersaing. Namun tidak melulu harga yang kita jadikan acuan.. kita harus melihat factor factor lain seperti :

1. Kualitas Fitur
Fitur merupakan hal utama yang harus Anda perhatikan dalam membeli hosting. Saat ini ada begitu banyak provider hosting yang berusaha meningkatkan kualitas fitur mereka demi menghadapi persaingan dengan provider lain.
Jika tidak demikian, dipastikan pelanggan segera kabur ke provider lain. Nah, dengan menaikkkan fitur ini, bisa mengikat dan mengunci mereka untuk tidak pergi.
Lantas fitur apa saja yang harus diperhatikan ?
Berikut ini fitur utama yang harus Anda cek dalam sutau provider web hosting:
- SPACE (Besar kapasitas hosting, semakin besar semakin baik).
- Bandwidth (Besar data load yang diberikan baik dari upload maupun download, semakin besar semakin baik).
- Uptime (Agar website tidak sering down, pilih hosting yg uptimenya stabil, setidak-tidaknya 98% ke atas, cek di: http://host-tracker.com)
- My SQL (lebih banyak lebih bagus)
- Addon Domain (berguna bagi Anda yang ingin mempunyai lebih dari 1 domain dalam 1 account hosting)

2. Perbandingan Harga
Setelah Anda melihat fitur yang ada, jika Anda tidak mempedulikan masalah harga itu tidak menjadi persoalan. Lain halnya jika Anda yang sangat mempertimbangkan masalah ini, maka solusi terbaik selain melihat fitur yang diberikan adalah dengan membandingkan harga antara satu provider hosting dengan provider yang lain.
Dengan begini Anda bisa menarik kesimpulan perusahaan web hosting manakah yang layak Anda gunakan.
Tapi ingat ! Jangan terkecoh dengan harga murah dengan fitur bagus lantas Anda ambil begitu saja. Sebaliknya, bukan berarti pula dengan harga web hosting murah lantas menjadi murahan dan tidak baik, masih ada pertimbangan lain yang harus Anda perhatikan.
Jangan lupakan pula dengan harga yang biasanya bersifat temporer. Biasanya beberapa webhosting memberikan harga murah hanya di tahun pertama saja. Sedang saat perpanjangan harga melonjak tinggi, ada baiknya Anda perlu tanyakan masalah ini.

3. Banyaknya Klien
Banyaknya klien merupakan cerminan suatu hosting dinilai baik atau buruk oleh kliennya. Semakin banyak klien, biasanya perusahaan hosting tersebut bisa dipercaya mutunya. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda juga menanyakan masalah ini ke CS yang bersangkutan.

4. Sesuaikan Kebutuhan
Jangan terkecoh pula dengan hosting yang memberikan fitur serba unlimited dan provider tersebut telah dipercaya oleh kliennya. Bijak-bijaklah dalam menggunakan hosting.
Artinya apa ?
Belilah (sewa) hosting sesuai kebutuhan bisnis online Anda. Sebab akan menjadi percuma jika yang Anda butuhkan hanya 50 MB yang harga pertahunnya hanya 50.000 lantas karena tergiur fiturnya yang unlimited, Anda sewa demikian yang harganya berkisar 90.000 perbulan.
Tentu saja dari perbandingan harga jauh sekali, dan space yang banyak tidak terpakai akan menjadi sia-sia. Kecuali Anda berniat membuat banyak website sekaligus atau untuk bisnis yang jangka panjang, dimana memang membutuhkan space yang besar.

5. Lokasi Server
Kalau target marketing Anda berada di negara tertentu. Sebaiknya Anda harus menyesuaikan dengan provider hosting yang Anda gunakan. Sebab hal ini akan mempengaruhi kecepatan akses bagi target Anda yang bersangkutan.
Jika mereka terlalu lama menunggu web Anda loading, bukan tidak mungkin mereka lari begitu saja. Biasanya server USA lebih ringan dan bisa diakses dengan mudah di seluruh dunia.

6. Support
Ciri-ciri web hosting yang dikelola secara profesional adalah supportnya yang responsif, sabar, dan selalu online 24 jam penuh 7 hari dalam seminggu. Terlebih jika Anda adalah orang yang baru berurusan dengan masalah hosting, biasanya akan banyak sekali kendala yang akan Anda hadapi.
Di sinilah fungsi support yang responsif itu sangat berarti. Anda akan dibantu sampai website Anda benar-benar telah online. Mereka biasanya juga menyediakan berbagai media komunikasi lengkap seperti YM, email, telp, atau langsung datang ke tempat.

7. Kelengkapan Alamat
Seperti disebutkan sebelumnya, provider web hosting yang bagus biasanya juga menunjukkan kelengkapan alamatnya. Walaupun klien tidak harus datang ke tempat, tapi setidak-tidaknya akan membuat klien merasa aman dengan alamat tersebut, sehingga mereka tidak perlu takut provider tersebut hanya fiktif atau takut ditinggal kabur sewaktu-waktu.

8. Usia Perusahaan
Semakin usia provider lama, biasanya semakin berpengalaman mereka menangani masalah hosting, walaupun tidak selamanya begitu.
Usia lama juga menunjukkan semakin tinggi jam terbang mereka dalam menangani hosting. Mereka menjaga ketat program, software hingga konten yang diperbolehkan untuk digunakan. Karena tidak jarang provider hosting yang gulung tikar akibat tidak bisa mengelola hostingnya.

9. Adanya Garansi
Kalau yang ini tidak mutlak harus ada. Tapi beberapa web hosting terbaik biasanya memberikan garansi sebelum klien benar-benar menggunakannya, seperti yang dilakukan Indonitahost.com yang memberikan jaminan garansi selama 30 hari.
Apabila dalam waktu tersebut klien tidak merasa puas dengan layanan yang diberikan, maka uang bisa diminta kembali. Tentunya adanya garansi dan percobaan selama 30 hari, klien bisa menilai layak atau tidakkah provider hosting tersebut digunakan.

Berikut ini adalah webhosting yang sukses menjadi pilihan masyarakat Indonesia dengan membandingkan market share yang ada ada yang baru dari Pulauweb Web Hosting Murah Indonesia:
  1. masterwebnet.com : 12,172%
  2. idwebhost.com : 10,840%
  3. masterweb.net : 08,835%
  4. eazysmart.com : 06,518%
  5. rumahweb.com : 06,152%
  6. ardhosting.com : 04,592%
  7. kotahosting.com : 02,392%
  8. idwebspace.net : 02.014%
  9. owords.com : 02,002%
  10. jagoanhosting.com : 01.969% 
Artikel Potensi Bisnis Online, Tak Lepas dari Web Site ini, Sobat boleh menyebarkan-nya jika artikel "Potensi Bisnis Online, Tak Lepas dari Web Site" ini bermanfaat, namun jangan lupa meletakkan link Potensi Bisnis Online, Tak Lepas dari Web Site sebagai sumbernya. Terimakasih telah Berkunjung.

0komentar:

Posting Komentar