Home » » SEO

SEO

SEO
Semua orang pasti menginginkan website atau Blognya dikunjungi oleh banyak orang. Banyak cara untuk meningkatkan jumlah pengunjung, salah satunya dengan SEO. SEO ( Search Engine Optimization) adalah usaha usaha yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan rangking website atau blog kita di mata search engine (mesin pencari), atau segala upaya untuk menaikkan SERP (search engine results page).

Tujuan utama dari segala macam usaha SEO ini adalah mendapatkan pengunjung atau visitor ke blog atau website kita melalui mesin pencari (search engine) seperti google, yahoo, MSN dan lain-lain. Semakin baik rangking blog atau situs kita di mata mesin pencari, maka akan semakin banyak pengunjung yang mengunjungi blog/website kita.

Sebenarnya sangat mudah menerapkan SEO tersebut, bahkan kita sendiri sebenarnya telah menerapkan SEO terebut, sebelum tahu apa itu SEO. Ada beberapa cara mudah agar traffic Website atau Blog kita meningkat, diantaranya:

Tukeran Links
Yaitu memasang link website orang lain yang anda kenal dan telah sepakat untuk memasang link balik atas link website anda. Jadi ringkasnya anda mencari beberapa teman Blogger dan kemudaian sepakat untuk saling memasang link (anda pasang link website dia, dan dia pasang link website anda).

Metode ini sangat bagus untuk menaikan SERP, Karena google menilai dari sistem link ini untuk meningkatkan nilai traffic sebuah website. Bahkan seperti yang kita ketahui bahwa ada program bisnis internet yang focus pada sistem pemasangan link ini, yaitu Paid Back links. Jika anda mau anda bisa membayar orang untuk memasang link website anda di website mereka.

Promosi Email
Ini salah satu cara yang penulis lakukan untuk mempromosikan keberadaan website kita. Misalnya dengan mengirimkan per personal atau ke satu komunitas mailing list. Misalnya dengan bergabung beberapa mailinglist kemudian anda posting informasi keberadaan website anda.

Berikut teknik pada mailing list:

Pertama: Daftarlah ke mailing list yang berhubungan dengan website anda. Kemudian ketika anda mengepos sebuah atau beberapa artikel di website anda, potong sebagian artikel tersebut dan posting ke mailinglist dan sertakan link readmore yang menuju ke website anda. Sehingga ketika ada member mailinglist tersebut membaca email dari anda dan telah membaca potongan artikel yang anda buat, dia akan tertuntut untuk membaca artikel penuhnya di website anda. Bayangkan jika dalam satu mailinglist beranggotan 1000 orang, berapa persen member yang akan berkunjung ke website anda?

Kedua: Daftarlah ke mailing list iklan baris. Cara mendapatkannya anda bisa bergabung di yahoogroups dan searh iklan mailing list yang menyediakan iklan baris gratis. Cara ini lumayan bagus dan lebih mudah dibandingkan yang metode pertama, yaitu tanpa menyertakan content website kita. Namun persen member yang membuka sangatlah kecil.

Selain melalui Mailinglist dan email per personal anda bisa memanfaatkan jasa Chating. Dari sini anda bisa meng-add banyak ID chat (baca tentang pembahasan email di Bagian perlengkapan – Untuk chating yahoo lah rajanya) kemudian anda bisa promosi melalui ID chating anda dengan cepat dan effesien. Untuk mendapatkan IDnya anda bisa Join room yahoo chat dan disana anda akan mendapatkan banyak ID yang siap anda add. Perlu diketahui metode ini pernah dilakukan oleh teman penulis untuk mempromosikan websitenya dan hasilnya ok. Selain itu kita bisa langsung berkomuni-kasi dengan mereka secara langsung.

Iklan Baris
Iklan baris adalah program yang menyediakan pemasangan iklan terhadap website kita. Ada banyak sekali website penyedia Iklan baris di Indonesia baik yang berbayar maupun yang gratis. Saran penulis untuk pemula lebih baik memakai yang gratis saja. Untuk mendapatkan website penyedia iklan baris gratis tersebut anda cari di Mesin pencari Mr. Google. Karena jika di tulis dalam artikel ini terlalu banyak dan memenuhi halaman. Hehehe.

Setting meta tags
Setting meta tags website anda dengan tags yang sering dicari oleh banyak orang di mesin pencari Mr. Google, namun meta tags tersebut harus sesuai dengan profile website anda. Misal, focus website anda dalam bidang pendidikan, maka setting meta tagsnya dengan kata kata kata yang berkait contohnya: pendidikan, education, Indonesia, belajar, wajib belajar, dekdikbud, dll. Caranya masuklah kehalam setting website atau Blog anda, kemudian bubuhkan atau ganti meta tagsnya.

Kunjungi website lain
Kunjungilah beberapa website atau blog orang lain dan tinggalkan komentar pada content yang mereka posting atau dengan meninggalkan pesan pada ShouthBoxnya. Jangan lupa bubuhkan link alamat website kita disana. Dengan begitu orang yang yang mengunjungi website tersebut bisa melihat komentar kita dan kemungkinan tertarik untuk mengunjungi website kita. Sebenarnya metode ini salah satu metode Backlinks dan penulis rasa lebih effesien dibandingkan tukeran link.

Join ke Top 100 Indonesia
Adalah 100 website paling sering dikunjungi atau 100 Website paling top di Indonesia. Kita bisa mendapatkan peningkatan traffic blog atau website menggunakan metode Join ke Top 100. Caranya anda daftar ke beberapa Website yang masuk dalam top 100 tersebut dan ber-partisipasi didalamnya.

Kenapa membantu meningkatkan traffic? Logikanya sangat mudah, yaitu dengan berpartisipasi dalam website terpopuler tesebut berarti mengangkat nama kita dan tentunya kita bubuhkan alamat website kita dalam setiap kegiatan yang kita lakukan.

Selain sistem backlink yang kita dapatkan, juga bisa menarik minat member lain untuk mengunjungi alamat website yang kita bubuhkan. Sekali merengkuh dayung dua pulau terlam-paui. Hehehehe.
Untuk mengetahui Top 100 websitenya, anda bisa ketahui di http://alexa.com .

Updating
Inilah metode inti yang harus diperhatikan. Anda bisa saja melakukan ke enam metode sebelumnya dengan baik, namun jika anda tidak pernah mengupdate content website anda, maka sama saja membuang tenaga. Ok, anda akan banyak pengunjung, namun pengunjung akan enggan untuk kembali lagi kewebsite anda, karena tidak ada informasi baru yang bisa mereka dapatkan.

Jika semua metode diatas bisa kita lakukan dengan baik, maka website kitapun mempunyai track record yang bagus di mata orang lain dan tentunya terindex di mata Searh Engine. Dan Tidak heran jika andapun mempunyai peluang untuk masuk kedalam barisan Top 100 Indonesia bahkan di Dunia.

Semoga tips tersebut bisa membantu meningkatkan trafik Blog atau Web kita.
Artikel SEO ini, Sobat boleh menyebarkan-nya jika artikel "SEO" ini bermanfaat, namun jangan lupa meletakkan link SEO sebagai sumbernya. Terimakasih telah Berkunjung.

0komentar:

Posting Komentar